TanaH LonGsoR & BanJiR Gara2 Hujan LebaT di Balikpapan

Published June 27, 2006 by deendatirtana

Curah Hujan Capai 186 mm

Selasa, 27 Juni 2006Waspadai Tanah LongsorCurah Hujan Capai 186 mmBALIKPAPAN- Hujan lebat Minggu malam hingga Senin pagi membuat beberapa kawasan Balikpapan terkena banjir dan longsor. “Curah hujan tinggi. Data dari Stasiun Meteorologi dan Geofisika Balikpapan, antara pukul 22.00 hingga pukul 08.00 mencapai 130 ml, sedangkan pukul 08.00 hingga pukul 11.30 mencapai 56 ml. Jadi selama hujan curah hujan mencapai 186 ml. Inilah yang menyebabkan beberapa kawasan tak mampu menampung curah hujan.

Sementara, tiga buah kios di Pasar Buton di JL MT Haryono RT 67 terancam ambruk, karena tanah di tepi jurang yang berubah menjadi pasta tak mampu lagi menyangga tiang ulin. Bahkan dapur rumah La Bauju meluncur ke dalam jurang sejauh 200 meter disertai dengan tanaman, sementara kios miliknya hanya disangga tiang bangunan wartel milik tetangganya.
Di kawasan Gunung Sari Ilir (GSI) Balikpapan Tengah longsor juga terjadi. Sebuah rumah kini berada di bibir siring yang longsor. Rumah yang terletak di RT 09 itu, keberadaannya kini mengancam bangunan SDN 020 yang berada di bawahnya


Selain banjir juga terjadi tanah longsor di tiga tempat, yaitu di RT 27 Kelurahan Prapatan, di RT 06 Telagasari dan di belakang Kantor Kecamatan Balikpapan Selatan.

Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Balikpapan Ir Sudjatmiko ketika diminta komentarnya, mengatakan, kondisi drainase di Balikpapan belum dirancang untuk curah hujan yang lebih dari 200 ml, akibatnya bila hujan melebihi takaran itu, maka akan terjadi banjir.

Selain banjir, hujan yang cukup lama akan meningkatkan tegangan pori tanah dan mereduksi kuatan geser tanah. Kondisi seperti ini akan berakibat jelek terhadap hunian di lereng. “Warga harus waspada terhadap gerakan awal kelongsoran dengan munculnya retakan-retakan baru – ditandai dengan amblasnya tanah,” katanya.

Menurut Sudjatmiko –yang berpengalaman menangani berbagai kelongsoran di antaranya di Masjid Korpri, Mess Gubernur Gunung Dubs Pertamina, Perumahan Ramayana, Asrama Bukit, jalur TPA Manggar, dan jalur Somber itu– warga harus waspada jika terjadi hujan seperti kemarin. Langkah yang perlu dilakukan misalnya memperhatikan sistem drainase lingkungan.
Gerak air yang tidak diarahkan bisa menggemburkan tanah yang berada di bawahnya. Dampaknya tentu akan terjadi kelongsoran.

Sementara itu, Lurah Prapatan Slamet Sungkono mengatakan, untuk mengatasi longsor di wilayahnya, warga melakukan gotong royong untuk memperbaiki rumah yang rusak dan membetulkan kelerengan tanah. “Saya berharap, jika terjadi hujan deras, warga yang berada di kemiringan lereng supaya berhati-hati,” katanya

http://www.metrobalikpapan.co.id
http://www.kaltimpost.web.id/

4 comments on “TanaH LonGsoR & BanJiR Gara2 Hujan LebaT di Balikpapan

  • Huhuhu.. dinda lo gapapa kan?sekarang emang banyak musibah dimana2 yah, malah ada bbrp ramalan bilang jakarta yang berikutnya kena musibah dan lebih hebat lagi dari aceh dan yogya, gw sampe parno tau ga din? berdoa sama2 agar kita terhindar dari bencana alam dan orang2 jahat.. amin

  • aye lagi di lokasi pas kejadian cieee kejadian kek polisi ajah, rmh aq di bpp di dataran tinggi so gag kena banjir🙂, kmrn dah telp emak ktnya gpp sodara2 juga gpp cuma tmn2 aq ada yg kena bnjr rmhnya

  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: